Temu Lapang Petani Tahun 2018

321

BATULICIN – Hari Minggu tanggal 2 Desember 2018 Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Kegiatan Temu Lapang Petani Tahun 2018. Kegiatan ini di laksanakan di Desa Salimuran Kecamatan Kusan Hilir.

Kegiatan ini di hadiri oleh Tim IPB Bogor yang di ketuai oleh Prof. Dr. Ir. Memen Suherman, M.Sc., Ang, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu H. Ansyari Firdaus, S.Hut, Kepala Desa Se Kabupaten Tanah Bumbu, Gapoktan, Poktan dan anggotanya, Kepala BPP dan Penyuluh Pertanian Se Kabupaten Tanah Bumbu.

Tujuan diadakannya kegiatan Temu Lapang Petani Tahun 2018 ini adalah dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian bagi seluruh petani maupun pelaku usaha pertanian. Kegiatan Temu Lapang Petani Tahun 2018 ini sekaligus mengenalkan varietas padi unggul IPB.3S yang merupakan hasil dari Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan LPPM IPB Bogor. Padi Varietas Unggul IPB. 3S yang dikembangkan ini berdasarkan deskripsi jumlah butir padi yang ada disetiap tangkai berjumlah 217 – 220 butir dengan umur tanam sekitar 112 hari dengan ketinggian sekitar 118 cm dengan jumlah anakan produktif 7 sd 11 batang dengan produksi 7 sd 10 ton/ha. Varietas baru ini juga diklaim sebagai jenis padi yang tahan terhadap tungro, penyakit blas dan haur daun (penyakit kuning).

Kegiatan Temu Lapang Petani Tahun 2018 ini diharapkan membawa angin segar bagi para petani dan pelaku usaha di bidang pertanian di Kabupaten Tanah Bumbu pada khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *