Sosialisasi Pemeliharaan Sapi dan Penertiban Sapi Liar

IMG-20181207-WA0002 IMG-20181207-WA0003 IMG-20181207-WA0006

Batulicin – Dalam rangka memberikan pengetahuan bagi para peternak tentang Sistem Tata Laksana Pemeliharaan Ternak Sapi dan sekaligus untuk merespon permintaan masyarakat tentang maraknya sapi liar yang berkeliaran di jalan raya. Maka Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu pada hari Jum’at, 23 Nopember 2018 bertempat di Pos Penyuluhan Desa Muara Pagatan Tengah Kecamatan Kusan Hilir melaksanakan acara Sosialisasi Pemeliharaan Ternak Sapi dan Penertiban Sapi Liar.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Bapak H. Ansyari Firdaus, S.Hut, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Bapak Berkat, S.St, Kepala Seksi Keswan dan Kesmavet Bapak Abdy Rahim, S.Pt, Kepala Seksi Pembibitan, Produksi, Pengolahan dan Pemasaran Ibu Nie Kiba Hidayati, S.Pt, Danramil 02 Kusan Hilir Bapak Juflianor, Kepala Bidang Penegakan Perundang – Undangan Satpol. PP dan Damkar Bapak Muhammad Zaelani, Kepala UPTD Puskeswan drh, Budi Pahalawan, Kasi Trantib Kecamatan Kusan Hilir Bapak Memek Widodo, SP, Peternak, Medik Veteriner, Petugas IB dan Penyuluh.

Kegiatan Sosialisasi Tentang Sistem Tata Laksana Pemeliharaan Ternak Sapi dan Penertiban Sapi Liar menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu bertujuan agar para peternak mau mengikuti saran dari dokter hewan serta tim tekhnis dari Bidang Peternakan dan Keswan Kab. Tanah Bumbu sehingga produktivitas ternak dapat tercapai secara maximal. Sedangkan Damramil 02 Kusan Hilir Bapak Juflianor mengatakan bahwa para peternak sepatutnya mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah terkait pemeliharaan ternak yang harus di kandangkan, selain itu juga apabila ternak di kandangkan akan meminimalisir angka kecelakaan dan konflik antar masyarakat.

Sosialisasi yang dilaksanakan ini diharapkan akan memberikan pemahaman yang jelas tentang tata laksana perkandangan yang baik, pola makan ternak sapi yang benar, penyakit – penyakit yang umumnya menyerang ternak sapi, sistem pengembalaan yang baik serta menumbuhkan kesadaran bagi para peternak agar mengandangkan hewan ternak sapi yang dimilikinya.

Dalam kesempatan sosilisasi ini juga Kepala Dinas Pertanian meminta Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan agar menjadwalkan kegiatan penyuluhan perihal cara  beternak yang baik dan bijak di masing – masing desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *